Saturday, 2 June 2018

Cara Pandang Terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen sumber daya manusia dapat dilihat dari berbagai sudut pandang. Menurut Wether dan davis (1996), perspektif tersebut adalah sebagai berikut :
  a.  Pendekatan strategis. manajemen SDM harus memberikan kontribusi kepada keberhasilan jangka panjang (yang bersifat strategis) suatu organisasi. Jika kegiatan para manajer dan Departemen SDM tidak membantu organisasi dalam mencapai tujuannya, maka sumber daya yang ada digunakan secara tidak efektif.
  b.  Pendekatan sumber daya manusia. Manajemen SDM adalah manajemen (terhadap) manusia. Pendayagunaan manusia tidak boleh mengorbankan atau mengabaikan arti penting dan harga diri manusia. Organisasi yang hanya dapat tumbuh dan berkembang melalui perhatian yang sungguh-sungguh kepada kebutuhan kebutuhan para karyawan.

c.      Pendekatan manajemen. Manajemen SDM merupakan tanggung jawab setiap Manager. Tugas Departemen SDM adalah membantu dan melayani para manajer dan karyawan melalui kepakarannya dalam bidang SDM. Pada akhirnya, unjuk kerja dan kesejahteraan setiap pekerjaan menjadi tanggung jawab bersama atasan langsung bekerja dan Departemen SDM.
d.      Pendekatan sistem. Manajemen SDM merupakan bagian dari sebuah sistem yang lebih besar: organisasi. Oleh karena itu upaya-upaya sumber daya manusia harus dievaluasi berdasarkan kontribusinya terhadap produktivitas organisasi. Dalam prakteknya, para ahli harus menyadari bahwa model manajemen SDM adalah sebuah sistem terbaru yang terbentuk dari bagian-bagian yang saling terkait. Tiap-tiap bagian mempengaruhi bagian lain dan dipengaruhi oleh lingkungan eksternal.

e.      Pendekatan produktif. Manajemen SDM dapat meningkatkan kontribusinya bagi karyawan dan organisasi dengan mengantisipasi tantangan tantangan yang akan muncul. Jika manajemen SDM hanya melakukan tindakan yang bersifat reaktif, masalah-masalah akan menumpuk dan makin sulit disesuaikan serta peluang peluang yang ada bisa hilang.
Post a Comment