Sunday, 9 July 2017

Mendukung Kesuksesan Orang Lain


Ujian sejati hubungan bukan hanya seberapa setia kita kepada teman-teman ketika mereka gagal, melainkan juga seberapa antosiaskah ketika mereka berhasil. 

Bukankan menjadi hal yang sangat menyenangkan kesuksesan kita ikut dirayakan oleh orang lain? Persaaan haru dan bahagia becampur menjadi satu. Hal tersebut juga dibutuhkan oleh orang lain, mereka tentu butuh tempat untuk berbagi kebahagiaan  tetapi kebanyakan yang terjadi adalah kita sering merasa iri dan tersaingi dengan kesuksesan orang lain. Untuk hal ini Maxwell memberikan beberapa prinsip bagaimana berbesar hati mendukung kesuksesan orang lain. 

1.    Selalu antosias dengan apa yang dapat membuat orang lain bahagia, hal ini mungkin memang sedikit berat apalagi jika yang membuat orang tersebut bahagia adalah hal-hal yang selalu kita impikan. Janganlah pikiran-pikiran negative menghalangi kita, karena kita juga menyadari bahwa setiap orang berhak mendapatkan kebahagiaan.

 
2.     Membagi kegagalan bisa menjadi salah satu cara kita agar bisa mendukung kesuksesan orang lain. Tujuan membagi kegagaalan ini adalah agar orang lain tidak sampai mengalami kegagalan seperti Anda. Kegagalan itu adalah hal yang biasa sebelum mencapai sebuah keberhasilan, namun kebanyakan orang lebih mudah mengidentifikasi kegagalan mereka daripada mengolah kegagalan itu menjadi alat untuk mengidetifikasi dengan kesuksesan, mungkin mereka memang tidak suka dengan kesuksesan itu sendiri.
3.    Sesuatu yang menghalangi untuk meraih sebuah kesuksesan akan sering menghalangi sesorang untuk merayakan keberhasilan orang lain. Hal itu bisa terjadi karena seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa kebanyakan orang lebih mudah untuk mendeskripsikan kegagalan mereka dibanding  kesuksesan mereka. Rasa takut kekurangan emosional, dan rasa iri menjadi hal sepele yang bisa menjadi masalah besar jika tidak dikendalikan. Mereka tetap tidak berubah, karena masih sibuk membandingkan diri mereka dengan orang lain.
4.     Teman yang dipilih secara tidak langsung akan mempengaruhi cara berfikir Anda. Oleh sebab itu mulai sekarang, identifikasilah teman-teman yang memiliki potensi untuk memberikan dukungan atapun yang akan menjatuhkan Anda. Memang berat saat harus melihat teman yang sangat kita harapkan akan memberikan dukungan kepada Anda tapi malah menjadi orang yang paling memberikan dampak negative, namun memang itulah harg yang harus dibayar. (Sumber : buku Prinsip-prinsip Kepemimpinn dan Memenangkan Kehidupan; John C. Maxwell)
Post a Comment