Sunday, 11 December 2016

UNSUR-UNSUR PUBLIC SPEAKING

Milist.info yang sebelumnya mempsting tentang Public Speaking dan kali ini dilanjutkan dengan Unsur-unsur Paublic Speaking. Sebagaimana telah disinggung sebelumnya, public speaking merupakan jenis komunikasi publik. Para ahli mendefinisikan komunikasi dengan “Who says what to whom and with what effect”. Maksudnya, apa yang diserukan atau disampaikan oleh siapa, kepada siapa dengan cara bagaimana, melalui media apa. Berdasarkan rumusan ini dapat dijelaskan bahwa setiap proses komunikasi melibatkan unsur-unsur sebagaimana diperlihatkan gambar berikut ini :

Dengan melihat proses komunikasi tersebut, dapat dirumus beberapa unsur public speaking, antara lain sebagai berikut :



a.   Pembicara publik (Public speaker), yaitu orang yang melakukan kegiatan berbicara dihadapan orang banyak. Sesorang disebut public speaker disebabkan memiliki kemampuan dan keahlian khusus untuk berbicara di depan umum. Untuk menjadi seorang paublic speaker menurut Bayu Krisna (2008: 4), ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain sebagai berikut :
  •  Power of Voice, yaitu kekuatan volumen suara
  •  Expression, yaitu ekspresi suara yang bisa dirasakan oleh pendengarnya.
  •   Body language, yaitu bahasa tubuh yang mampu mendukung kalimat dan suara yang dilontarkan menjadi lebih hidup.
  •  Mind managemen, yaitu kemampuan mengelola pikiran pada saat berbicara.

b.   Materi, yaitu pesan (message) yang akan disampaikan oleh pembicara publik kepada audience. Dalam aktivitas training, materi biasanya berupa topik/tema pembicaraan yang ingin disampaikan oleh public speaker kepada peserta trainingnya.
c.       Audience, yaitu sasaran pembicaraan atau mustami dalam terminologi lain. Ini adalah objek yang dituju oleh pembicara publik.
d.      Metode, yaitu cara yang digunakan pembicara publik dalam kegiatan public speaking.
e.      Media, yaitu saluran yang digunakan dalam public speaking. Ia dapat berupa saluran langsung atatp muka (face to face) antara pembicara dengan audience. Juga dapat saluran bermedia yaitu meliputi :
  • Media auditif, yaitu semua media yang pesan komunikasinya disampaikan dan diterima mengandalkan kepada kemampuan suara dan pendengaran.
  •  Media Visual, yaitu media yang disampaikan maupun penerimaan pesannya menggunakan indra penglihatan.
  •  Media audio visual, yaitu media yang menggunakan unsur pendengaran, penglihatan dan tampilan.


f.     Tujuan, yaitu hasil akhir yang ingin dicapai dari aktifitas public speaking. Ia dapat dirumuskan dalam bentuk tujuan yang sangat spesifik sampai tujuan yang sangat umum. Dalam bahasa Inggris tujuan dapat dipilah dengan istilah target, objective, purpose, aim dan goal. Sumber : "Panduan Guru Hebat Indonesia, Dr. Amirulloh, M. Ag"
Post a Comment