Saturday, 10 December 2016

PUBLIC SPEAKING

Dalam ilmu kominkasi, dikenal lima jenis komunikasi, yaitu komunikasi interpersonal, komunikasi antar personal, komunikasi kelompok, komunikasi publik dan komunikasi massa. Public speaking merupakan jenis kompunikasi publik. Untuk lebih jelas akan dipaparkan definisi public speaking dari beberapa sumber, yaitu :
Kamus Webster’s Third New International Dictinary menjelaskan public speaking adalah proses pembicaraan di depan publik (the act of process of making speaches in public); dan seni serta ilmu pengetahuan mengenai komunikasi lisan  yang efeketif dengan para pendengarnya (the art or science of effective oral communication with an audience).
David Zarefsky (1997) dalam buku public speaking; Strategi For Success mengatakan, public speaking adalah suatu proses komunikasi yang berkelanjutan di mana masa dan lambang bersikulasi ulang secara terus menerus antara pembicara dan para pendengarnya (Public speaking is a continous communication process in wich messages and signal circulate back and fort beetween speaker and listeners). Charles Bonar Sirait (2010: 26) mendefinisikan public speaking dengan kombinasi antara pengalaman, kemampuan diri, manajemen, serta seni dalam berbicara di depan umum.



Definisi public speaking secara luas dikemukakan oleh Ruli Tobing (2012), yaitu rangkaian cara berfikir yang didasarkan dari seluruh talenta manusia atas pengalaman masa lalu, masa sekarang serta masa yang akan datang dan dipadukan dengan etika, pola prilaku, ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, analisis keadaan dan faktor lainnya. Faktor-faktor tersebut dikemas dalam bentuk kalimat atau ucapan yang mengandung makna strategi komunikasi di baliknya, guna mencapai tujuan.

Sementara itu, dalam Himpunan Istilah Komunikasi yang ditulis oleh YS Gunadi (2004: 91) Public speaking diartikan sebagai komunikasi yang dilakukan secara lisan tentang suatu topik di hadapan orang banyak. Tujuannya antara lain, untuk mengetaui, mengajak, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan, dan memberikan informasi kepada masyarakat ditempat tertentu.

Dari beberapa definisi di atas, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa public speaking adalah ilmu atau seni berbicara untu menyampaikan sesuatu hal dihadapan orang banyak dengan tujuan tertentu. Sebagai ilmu, publik speaking    berarti suatu keahlian yang harus dipelajari secara serius. Sebab, di dalamnya terdapat teori-teori yang berfungsi sebagai panduan tatkala akan mempraktikkannya. Sebagai seni, public speaking berkaitan dengan teknik atau kiat berbcara yang harus dilatih secara tahap demi tahap dan sampaikan dengan kemasan yang menarik. Sumber : "Panduan Guru Hebat Indonesia, Dr. Amirulloh, M. Ag"
Post a Comment